• Selamat Datang di Blog SMA MUHAMMADIYAH PADANG PANJANG

Menguak Fakta, meraih Cita

TAHUN PELAJARAN 2004 - 2009
BAB I
Pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah
Kota Padang Panjang dikenal sebagai julukan Kota Serambi Mekah yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan bagi warganya. Tidak itu saja, kota Padang Panjang mempunyai Visi dan Misi sebagai kota Pendidikan sekaligus sebagai kota Tujuan pendidikan yang bernuansa Islami.

Di bidang Pendidikan kota Padang Panjang termasuk peringkat 5 besar dari 19 daerah yang ada di Sumatera Barat. Prestasi ini diraih melalui berbagai satuan dan tingkat pendidikan, mulai dari Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, MTs, SMA dan MA baik Negeri maupun Swasta yang tersebar di beberapa pelosok kota ini.

Pemerintah kota Padang Panjang melalui Dinas Pendidikan telah berperan aktif mengarahkan dan membimbing berbagai satuan pendidikan sehingga hasil yang maksimal dapat tercapai. Bantuan fasilitas dan sarana-prasarana pendidikan mendapat perhatian serius bagi semua stakeholder di kota ini. Kalau sekolah-sekolah negeri diberikan bantuan, maka sekolah-sekolah swasta juga menerima bantuan walaupun tidak sebanyak sekolah negeri.

Dalam hal prestasi akademik kota Padang Panjang masih dinominasi oleh sekolah-sekolah Negeri yang didukung dengan fasilitas yang mencukupi, sementara di bidang keterampilan dan olahraga banyak dikuasai oleh sekolah-sekolah Swasta dengan segala keterbatasannya. Ini tidak berarti bahwa sekolah swasta belum sebaik mutu sekolah-sekolah negeri. Akibatnya para orangtua lebih suka memilih sekolah negeri menjadi pilihan utama bagi anak-anak mereka.

Namun demikian, sejak tahun pelajaran 2005/ 2006 sampai tahun 2009 ini masyarakat kota Padang Panjang Batipuh X Koto, bahkan dari luar daerah seperti dari Dharmasraya, Sarolangun, Bangko dan Indragiri Hulu telah mulai ramai-ramai menyekolahkan anaknya ke SMA Muhammadiyah Padang Panjang.

Walaupun SMA Swasta lain juga masih ada di kota ini, namun animo dan kepercayaan masyarakat sudah mulai tumbuh terhadap SMA Muhammadiyah Padang Panjang.
Bagaimana pengelolaan sekolah ini ? Apa yang perlu dilakukan para stakeholders di lembaga pendidikan swasta ini?

2. Rumusan Masalah
Dari penjelasan pendahuluan di atas dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu; Bagaimana menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan swasta, khususnya pada SMA Muhammadiyah Padang Panjang?

3. Strategi Pemecahan Masalah
Untuk menjawab pertanyaan yang terkandung dalam rumusan masalah di atas, maka langkah-langkah atau strategi yang telah dilakukan stakeholders SMA Muhammadiyah Padang Panjang adalah sebagai berikut;
pertama, Pembenahan hubungan kerja personil sekolah ( Human Relationship)
Melalui pendekatan kerja yang harmonis dengan membuka diri dan selalu tanggap akan perubahan merupakan modal yang pokok dalam mewujudkan sekolah yang efektif, berwawasan ke depan yang lebih baik.

Agar iklim kerja kondusif dan tercipta harmonis kerja suatu sekolah sangat perlu dibangun keterbukaan, obyektifitas evaluasi, dan tentunya upaya mewujudkan kesejahteraan anggota perlu diagendakan.

Kedua, Perumusan Visi dan Misi
- Visi adalah cara pandang masa depan yang realistis, dapat dipercaya, dan menarik bagi organisasi. Visi sekolah merupakan tujuan kemana sekolah tersebut akan dibawa, sebuah masa depan yang lebih baik, labih berhasil, atau lebih diinginkan dibandingkan dengan kondisi sekarang.


- Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Misi menjelaskan mengenai mengapa sekolah itu ada, apa yang harus dilakukan, dan bagaimana cara melakukannya sehingga tujuan yang diinginkan bersama dapat tercapai.

Ketiga, Peningkatan Disiplin sekolah
Disiplin adalah hal yang pokok dalam melakukan sebuah tindakan atau dalam pengambilan keputusan. Dengan disiplin semua rencana / program bisa jalan. Tapi kalau tidak disiplin maka akan merusak sistem operasional dari sekolah. Mulai dari Kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa harus mempunyai sikap disiplin diri. Kata ’ terlambat’ merupakan kata yang memalukan. Untuk itu keseuksesan hanya bisa dicapai dengan kedisiplinan yang tinggi.

Keempat, Pembenahan tenaga pendidik dan kependidikan.
Tenaga pendidik atau guru yang berkualitas dan berdisiplin akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan sekolah. Di samping itu kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dilihat berdasarkan kriteria, mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar dan produktif. Kepala Sekolah dapat menjelaskan tugas dan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, mampu membangun hubungan yang harmonis dengan guru, masyarakat dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah.

Kelima, Pembenahan Administrasi sekolah
Adminstrasi sangat memegang peranan dalam mengatur sirkulasi operasional sekolah. Administrasi merupakan sebuah aturan tertulis yang dapat dijadikan acuan dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Tertib administrasi akan berdampak positif terhadap kinerja personalia sekolah dan hasil yang akan didapat.



Keenam, Pembenahan Sarana dan prasarana
Sarana dan pra-sarana sekolah adalah alat yang perlu digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Tanpa sarana pra-sarana yang lengkap, peningkatan mutu kerja dan tujuan bersama sulit tercapai.
Gedung sekolah yang permanen dan berlantai 2 didukung dengan mobiler yang mencukupi serta alat / media pembelajaran akan menentukan prestasi dan kamajuan belajar siswa.

Ketujuh, Upaya perbaikan Proses Belajar Mengajar
Upaya perbaikan Proses Belajar Mengajar ( PBM) perlu dilakukan, sebab bagaimanapun ilmu itu penting untuk dikuasai tapi kalau penyampaiannya tidak tepat, maka tujuan pembelajaran akan tidak berhasil dengan baik.

Kedelapan, Upaya pengembangan sekolah
Salah satu cara untuk dapat mengembangkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan adalah melalui pelatihan-pelatihan atau bimbingan teknis mata pelajaran. Kelompok kerja guru ( KKG) dan Musyawarah kerja guru ssalah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas guru.

Di samping itu juga perlu kerjasama denga sekolah lain, seperti kerjasama dengan SMA 2 Muhammadiyah Yogyakarta dan sekolah negeri dalam kota Padang Panjang

Karya oleh: Kepsek.berprestasi 2009
bersambung ...

0 komentar:

Posting Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA
Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).