• Selamat Datang di Blog SMA MUHAMMADIYAH PADANG PANJANG

Notebook Mungil


Posted by romezu
Categories: notebook,technology,mobile

Dunia sudah berubah. Ruangan yang semakin terbatas di kantor-kantor menyebabkan banyak PC digusur oleh notebook. Apalagi harga notebook – selama spesifikasinya tidak terlalu tinggi dan juga tergantung merek – saat ini tidak lagi semahal dulu. Dengan uang Rp. 4juta – 5juta pun kita sudah bisa memiliki sebuah notebook, tak heran peminat notebook  kian banyak. Dan bukan sekedar menaruh minat, tetapi benar-benar membeli dan mengunakannya dimana-dimana, termasuk di ruang kerja di kantor.
Sekarang sudah bisa kita lihat, banyak bermunculan notebook-notebook  varian baru yang lebih mungil – boleh disebut subnotebook, netbook, atau UMPC (ultra mobile PC). Walaupun awalnya dikembangkan untuk anak-anak sekolah, produk tersebut nyatanya diminati juga oleh orang dewasa. Ukurannya yang kecil, bobot yang kurang dari 1kg memang menyebabkan notebook-notebook  mungil tersebut enak dibawa-bawa ke mana saja. Dipelopori oleh Asus dengan produk Eee PC, kini sudah berderet merek notebook  mungil yang sudah ternama seperti HP, Dell, MSI dan juga Acer yang mimiliki layar 7”, 8”,9” atau 10”, di luar itu masih ada merek-merek lain seperti ECS dan Quantel dan dari sementara dari Indonesia hadir seperti merek Zyrex, Axioo dan sebagainya.
Notebook  mungil (netbook) yang digagas oleh Intel itu awalnya ditujukan untuk mengakomendasi kebutuhan anak-anak sekolah. Maka wujudnya pun dibuat “kekanak-kanakan” dengan ujung-ujung atau sendi yang agak membulat dan balutan warna pad casing-nya. Karena ditujukan pada anak-anak yang biasanya sembrono, casing-nya pun dibuat agar tidak mudah lecet, sementara bobotnya dikruangi dan ukuran layarnya dikecilkan.
Terlihat sikap konsumen yang masih bersikap mendua. Mereka menginginkan kelengkapan dalam notebook-nya tapi tidak bersedia mengorbankan bobot dan juga sudah pasti ukuran layar yang lega. Bisa saja dikatakan bahwa mereka komsumen (responden InfoKumputer) belum terlalu mengindam-idamkan sebuah notebook  mungil. Namun faktanya ketika Asus Eee PC diluncurkan di tanah air dalam sebuah pameran, peminatnya mengular panjang. Dan dalam sekejap, notebook  mungil itu – yang ketika itu dibandrol dengan harga khusus – ludes terjual. Bahkan banyak yang mengaku kecewa karena tidak kebagian. Mungkinkah ini efek kejutan? Bisa saja.
Memang baru kali itulah sebuah notebook – kendai pun mungil – yang dijual dengan harga di kisaran Rp 3juta. Yang jelas, komsumen ternyata akan casing yang berwarna, entah itu berkelir hijau segar baik daun, atau putih bersih, seperti milik Mac, atau genit memikat dengan warna pink. Warna hitam dan silver yang biasa mendominasi casing notebook menjadi kurang dipilih pada notebook  mungil.
Sumber:InfoKomputer

0 komentar:

Posting Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA
Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).